Biologi, Dulu dan Sekarang

  • Bagikan
Elisa Nurma Riana

Oleh: Elisa Nurma Riana
Dosen Prodi Biologi, Institut Teknologi Sumatera (Itera)

Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) harus mulai dipersiapkan oleh siswa kelas XII. Calon pendaftar harus memilih dan memutuskan program studi atau jurusan yang akan diambil. Memilih dan memutuskan program studi yang akan diambil saat kuliah tidak mudah. Hal tersebut dikarenakan memilih program studi yang akan diambil akan menentukan masa depan calon mahasiswa. Calon mahasiswa biasanya memilih program studi yang saat ini banyak diminati dan empat taun ke depan diprediksi memiliki peluang kerja yang besar.

Biologi merupakan salah satu bidang sains yang mempelajari tentang makhluk hidup. Banyak pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh sebagian masyarakat tentang lulusan Biologi akan bekerja sebagai apa. Masyarakat umum mungkin hanya tau bahwa lulusan Biologi nantinya akan bekerja sebagai guru Biologi di SMP dan SMA/sederajat. Selain itu, banyak yang berpikir bahwa kuliah Biologi hanya berisi tentang bagaimana mempelajari hewan, tumbuhan, dan manusia. Hal ini karena Biologi terkenal sebagai ilmu dasar dan banyak yang memandang sebelah mata.

Biologi sekarang berbeda dengan Biologi sepuluh tahun yang lalu yang bisa dibilang ilmu konvensional. Saat ini, Biologi menjadi salah satu bidang ilmu yang merupakan fondasi bagi beberapa ilmu terapan. Antara lain: pertanian, kelautan dan perikanan, industri makanan, dan kesehatan. Perkembangan ilmu Biologi saat ini juga diimbangi oleh perkembangan teknologi di bidang Biologi (Bioteknologi dan Biomolekuler). Hal ini membuat lulusan Biologi banyak dilirik perusahaan, industri, maupun instansi pemerintahan.

Bioteknologi di bidang pertanian banyak dikembangkan dengan rekayasa genetika yang bertujuan untuk menciptakan varietas tanaman pangan yang unggul, misalkan: buah semangka tanpa biji dan tanaman transgenik. Di bidang kelautan dan perikanan, biologi berkontribusi dalam teknologi budidaya, termasuk nutrisi pakan ikan sehingga mempercepat masa panen ikan. Di bidang industri makanan, biologi sangat dibutuhkan bagi quality control perusahaan makanan dan minuman fermentasi.

Di bidang kesehatan, Biologi berperan dalam perusahaan pembuatan obat dan juga deteksi penyakit-penyakit yang saat ini sedang mewabah, misalkan deteksi dan penemuan strain baru virus Covid-19. Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan penelitian tentang virus Covid-19 yang berlangsung selama hampir dua tahun ini juga berkat kontribusi lulusan Biologi. Beberapa laboratorium pemerintahan maupun RS swasta banyak yang mencari lulusan Biologi yang berpengalaman mengoperasikan alat-alat yang biasa dipergunakan dibidang biomedis.

Selain itu, instansi pemerintahan banyak yang membuka lowongan untuk lulusan Biologi. Polri dan TNI beberapa tahun belakangan juga membuka lowongan untuk lulusan S1 Biologi. Mungkin akan banyak pertanyaan: lulusan S1 Biologi akan bekerja sebagai apa. Padaha, jika ditelusuri lebih jauh, banyak sekali bidang kepolisian yang membutuhkan seorang lulusan S1 Biologi, misalkan di bagian forensik. Hal ini karena saat ini sedang berkembang cabang biologi yang mempelajari forensik yang disebut dengan bioforensik.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa Biologi zaman dulu sangat berbeda dengan Biologi saat ini. Peluang kerja lulusan Biologi saat ini sangat besar, terutama di bidang industri dan kesehatan. Banyak sekali cabang ilmu Biologi yang dapat dikembangkan di beberapa sektor. Namun, yang harus kita yakini adalah tidak ada ilmu yang tidak berguna. Semua ilmu akan berkembang seiring berkembangnya zaman, termasuk Biologi.***

Artikel ini telah dimuat di Teraslampung.com

  • Bagikan