Dosen Itera Terapkan Kemasan di UMKM Keripik Buah

  • Bagikan

TERASPENDIDIKAN.COM — Dosen Program Studi Teknologi Pangan, Institut Teknologi Sumatera (Itera) melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di UMKM Darsa (16/06). PkM ini terlaksana berkat hibah Pengabdian kepada Masyarakat Itera 2021 yang diberikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Itera.

Selain melibatkan dosen, PkM ini juga melibatkan empat mahasiswa Teknologi Pangan Itera. Hal ini agar mahasiswa dapat mempelajari penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka pelajari diperkuliahan.

UMKM Darsa berlokasi Desa Labuhan Ratu IV, Kecamatan Labuhan Ratu, Lampungtimur. Ketua Tim Pengabdian, Isnaini Rahmadi menjelaskan mitra ini dipilih karena bergerak dipengolahan keripik buah dari bahan baku lokal, seperti pisang muli, nanas, dan nangka. “UMKM Darsa juga mengolah keripik buah dengan memanfaatkan teknologi vacuum frying” tambahnya.

Walaupun demikian, UMKM Darsa memiliki beberapa permasalahan. Neneng Suryani, selaku pemilik UMKM menjelaskan bahwa aspek kemasan dan umur simpan keripik buah perlu perbaikan. Oleh karena itu, Tim PkM menawarkan solusi untuk memperbaiki kemasan keripik buah. Umur simpan keripik buah dapat diperpanjang dengan menambahkan silica gel sebagai kemasan aktif yang mampu menyerap air di dalam kemasan primernya. Hal ini diharapkan keripik buah tidak mudah mengalami melempem.

Selain menerapkan kemasan aktif, PkM juga menerapkan kemasan sekunder pada keripik buah. “Kami juga menyosialisasikan penggunaan goodie bag sebagai kemasan sekunder untuk mengurangi penggunaan plastik” imbuh Isnaini. Hal ini dilakukan karena di kota-kota besar penggunaan kantong plastik mulai dibatasi, sehingga di Lampungtimur harus mulai disosialisasikan.

Itera senantiasa berusaha pengambil peran dalam penerapan teknologi kepada masyarakat, terutama melalui Program Penelitian dan PkM. Dengan demikian, diharapkan Itera dapat membantu masyarakat dan UMKM untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

  • Bagikan