Penerimaan Siswa Baru, Labschool Membuka Jalur Undangan

  • Bagikan
SMA Labschool Kebayoran. Foto: Ist/Facebook SMA Labschool Kebayoran
SMA Labschool Kebayoran. Foto: Ist/Facebook SMA Labschool Kebayoran

TERASPENDIDIKAN.COM, JAKARTA — Sebagai respons terhadap animo para orang tua siswa yang tinggi untuk bisa menyekolahkan anaknya ke Labschool, saat ini Labschool membuka jalur undangan dalam penerimaan siswa baru (PSB)  atau yang dikenal dengan PPSBB (Program Penjaringan Siswa Baru Berprestasi).

“Program ini dibuka untuk siswa yang akan masuk menjadi siswa SMP dan SMA Labschool. Adapun penerimaan jalur PPSBB ini terdapat dua jalur, yaitu jalur akademik dan jalur non akademik. PPSBB ini dibuka pendaftarannya mulai hari Senin, 1 November 2021 – Jumat, 26 November 2021,” kata Koordinator Humas PSB 2022 Labschool, Dr. Uswadin, M.Pd., dalam rilisnya, Senin (1/11/2021).

Menurut Uswadin, persyaratan umum yang dapat diterima melalui jalur undangan, antara lain:
1. Calon siswa adalah siswa pada SD/MI/Sederajat atau SMP/MTs/ Sederajat yang menjadi undangan dan tercantum pada aplikasi pendaftaran PPSBB Labschool.
2. Terdaftar sebagai siswa kelas 6 SD/MI/Sederajat untuk pendaftar PPSBB SMP, atau sebagai siswa kelas 9 SMP/MTs/Sederajat untuk pendaftar PPSBB SMA.
3. Sungguh-sungguh berminat untuk menjadi siswa SMP/SMA Labschool
4. Berasal dari sekolah berakreditasi A.

Di samping persyaratan umum di atas ada persyaratan khusus. Antara lain:  pendaftar PPSBB Jalur Akademi  harus memiliki nilai rapor kelas 4 dan 5, rata-rata setiap semester minimal 95 pada aspek pengetahuan di mapel Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS (selama 4 semester) untuk pendaftar SMP.

Sedangkan untuk pendaftar SMA harus memiliki nilai rapor rata-rata setiap semester minimal 85 pada aspek pengetahuan saja pada mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, dan Matematika

Pendaftar PPSBB jalur nonakademik memiliki syarat khusus antara lain:
– Untuk SMP, minimal memiliki nilai rata-rata rapor kelas 4 dan 5 minimal 90 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS.
– Untuk SMA, minimal memiliki nilai rata-rata rapor kelas 7 dan 8 minimal 85 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS.
– Memiliki prestasi dan atau potensi keberbakatan di berbagai bidang (akademik, seni olah raga, organisasi/ kepemimpinan, keagamaan atau lainnya seperti KSN, FLS2N, KOSN atau KoPSI atau kompetisi lainnya yang sederajat pada tingkat provinsi, nasional dan internasional), yang dibuktikan dengan fotokopi atau hasil scan sertifikat, piagam atau surat keterangan yang dikeluarkan oleh penyelenggara/panitia.

“Peserta yang memenuhi syarat dapat mendaftar secara online pada alamat https://labschool-unj.sch.id/psb. Pendaftaran mulai 1-26 November 2021 dengan cara membuat akun terlebih dulu. Setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran dan seleksi PPSBB sebesar Rp 400 ribu,” kata Uswadin

Uswadin  berharap jalur undangan bisa dimanfaatkan  para calon siswa Labschool yang ingin segera mendaftar dan mengikuti seleksi penerimaan siswa baru.

“Semoga sukses dan dapat menjadi bagian dari anggota keluarga besar Labschool yang mengusung motto Iman, Ilmu dan Amal. Bagi yang belum diterima jalur PPSBB masih ada kesempatan untuk mengikuti jalur tes seleksi yang pendaftarannya dibuka mulai bulan Desember 2021,” katanya.

Menurut Uswadin, animo calon siswa untuk bisa menjadi  siswa di sekolah-sekolah Labschool semakin meningkat menjelang masa penerimaan siswa baru.

“Banyak yang bertanya baik melalui telepon ataupun datang langsung ke sekolah untuk menerima informasi secara jelas pelaksanaan PSB. Walaupun dalam website atau laman resmi Labschool sudah ditayangkan, namun kepuasan datang langsung atau bertanya langsung kepada sekolah merupakan kenyamanan sendiri bagi sebagian orang tua,” katanya.

Uswadin mengaku memahami orangtua yang  gelisah karena beberapa sekolah lain sudah memulai pendaftaran dan penerimaan siswa baru, sedangkan Labschool sampai akhir Oktober 2021 masih belum membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun pelajaran 2022/2023.

“Jadwal penerimaan siswa regular  di sekolah-sekolah Labschool baru akan dimulai pada Desember 2021 dan pelaksanaan tes-nya pada 6 Februari 2022 untuk SMA dan 13 Februari 2022 untuk SMP,” katanya.

  • Bagikan